LETAK GEOGRAFIS NEGARA JEPANG

Letak geografis
Jepang adalah negara kepulauan yang terletak di daerah timur benua Asia, biasa disebut sebagai Negara Asia Timur. Membentang dari utara ke selatan dengan luas wilayah sekitar 377.643 km3, sedikit lebih besar dari Norwegia (324.000 km3), Italia (301.000 km3) dan Malaysia (330.000 km3), sebelah utara berbatasan dengan wilayah Rusia yaitu pulau Sakalin, Siberia dan laut Okhotsk, sebelah barat negara Korea, daratan Cina, dan Laut Jepang, sebelah selatan berbatasan dengan Filiphina dan laut Cina, dan sebelah timur merupakan samudra Pasifik.

Memiliki empat pulau besar yaitu, Hokkaido, Honshuu, Shikoku, dan Kyuushuu ditambah sekitar 3.918 pulau-pulau kecil. Pulau terbesar Honshuu dibagi menjadi empat wilayah yaitu, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, dan Chugoku. Secara administratif negara Jepang dibagi dalam 47 Prefektur.
Dua per tiga negara Jepang adalah hutan yang sebagian besar dihuni oleh gunung berapi yang diantaranya masih aktif. Sekitar 29% dataran rendah, dan memiliki sungai-sungai sempit dan deras. Negara Jepang dikelilingi laut, memiliki tiga arus laut yang mengalir di dasar laut di antaranya, arus Tsushima yang mengalir dari selatan masuk ke laut Jepang, arus Kuroshio yang mengalir dari selatan melewati bagian timur kepulauan Jepang, dan arus Oyashio yang mengalir dari utara melewati wilayah timur kepulauan Jepang. Pertemuan ketiga arus ini menjadikan Jepang sebagai negara kaya akan planton dan ikan di dunia karena pada perairan tersebut terdapat pertemuan arus hangat dan dingin.
Secara geologis, negara Jepang terletak di antara dua lempeng bumi, yaitu pertemuan lempeng Mediterania dan lempeng Pasifik. Karena terletak pada pertemuan dua lempeng ini, negara Jepang senantiasa berada dalam bahaya gempa bumi. Struktur tanah atau pegunungan vulkanis di dasar samudra Pasifik yang labil sering menimbulkan gempa di dasar laut akibatnya sering terjadi gelombang tsunami. Seklain itu, pertemuan suhu dingin dan hangat di udara mengakibatkan perputaran angin taipun.
Bendera negara Jepang disebut sebagai bendera matahari terbit. Berbentuk bulatan merah berdiameter tiga per lima dari luas bendera. Pada jaman Edo (1600-186) bendera ini digunakan oleh para saudagar sebagai identitas suatu kelompok, kemudian setelah memasuki jaman Meiji, resmi menjadi bendera negara. Lagu kebangsaan adalah lagu Kimigayo;

Kimigayo wa chiyoni
Yachi yoni sazare ishi no
Iwa o tonarite
Kake no musumade
Lagu ini di aransemen dari puisi klasik jaman Heian (794-1185), mengisahkan permintaan perlindungan bagi kaisar.

Populasi

Penduduk asli bangsa Jepang ada yang mengatakan suku bangsa Ainu dan ada juga yang mengatakan bangsa Yamato. Bangsa Ainu menetap di sepanjang bagian utara pulau Honshuu. di antara kota-kota yang terkenal pada jaman Jepang kuno salah satunya adalah kota Nara, jaman dulu suku Ainu menetap di kota ini yang pada saat itu masih disebut sebagai daerah Yamato. Oleh karena itu mangapa penduduk asli Jepang disebut sebagai suku Ainu atau suku Yamato. Sekarang keturunan suku Ainu lebih banyak yang menetap di daerah Hokkaido, mereka berpindah sejak dimulainya pemerintahan Meiji.

Menurut data dari CIA factbook, pada bulan Juli 2008, penduduk Jepang mencapai 127.288.416 jiwa, dengan perbandingan usia antara 0-14 tahun mecapai 13,7% (laki-laki 8,926,439 jiwa, perempuan 8,460,629 jiwa) usia 15-64 tahun mencapai 64,7% (laki-laki 41,513,061 jiwa, perempuan 40,894,057 jiwa), dan usia 64 ke atas mencapai 21,6% (laki-laki 11.643.845 jiwa, perempuan 15,850,366 jiwa)

Menurunnya angka kelahiran berbanding sejajar dengan menurunnya angka kematian. Sedikitnya kelahiran menjadi persoalan di masa depan bangsa Jepang kelak, namun ironisnya di sisi lain angka kematian berkurang beberapa tahun terakhir, sehingga data statistik kependudukan menunjukkan bahwa sedikitnya generasi muda saat ini akan mengakibatkan persoalan produktifitas perekonomian pada tiga puluh tahun mendatang. Hal ini menyebabkan persoalan koureika shakai (perubahan penduduk yang menunjukkan penduduk tua lebih banyak daripada penduduk muda) bagi negara Jepang.

Kepadatan penduduk 329,5 jiwa per 1km3 dari total area.

Iklim

Negara Jepang termasuk negara yang memiliki dua suhu, yaitu suhu yang bertemperatur hangat sekitar 15oc - 22oc di bagian selatan negara Jepang, dan suhu dingin berkisar antara 0oc-15oc di bagian utara Jepang. Jepang memiliki empat musim yaitu musim semi (Maret-Mei), musim panas (Juni-Agustus), musim gugur (September-November), dan musim dingin (Desember-Februari).


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Digeus Registry Cleaner

Digeus Registry Cleaner speeds up, removes the junk, fixes Windows errors. You just need a few mouse clicks and your computer will become as good as a brand new one. This software is recommended to whom loves own computer keep clean.